Lebak Bulus – Leuwipanjang

Mati. Kematian. Apa yang terbersit ketika mendengar kata tersebut? Ngeri? Sesak? Takut? Atau malah damai dan tentram? Setiap orang mungkin akan mempunyai perasaan yang berbeda.

Pernahkah merasa dekat dengan kematian? Saya pernah, mungkin. Ada dua kejadian yang seingat saya pernah membuat saya merasa begitu dekat dengan kematian.  Yang pertama ialah di suatu malam saat saya hendak tidur. Saat itu, bernafas yang seharusnya sudah menjadi refleks, mendadak tidak lagi. Semakin saya menuju fase tidur, saya pun berhenti mengambil nafas. Sampai akhirnya terbangun tiba-tiba karena sesak. Saya langsung berfikir apa jadinya kalau saat tidur nanti nafas saya benar-benar berhenti dan saya mati tercekik karena tidak bernafas.

Yang kedua, ialah ketika menaiki bis Jakarta-Bandung yang melaju dengan kecepatan (yang saya yakin) diatas 120 km/jam di malam hari. Di kepala saya saat itu langsung terbayang tajuk surat kabar besok pagi: Bis Jurusan Jakarta-Bandung Menabrak Pembatas Cipularang Saat Melaju Kencang. OK, oleh orang Sunda saya pasti dibilang sompral.

Tapi apa salahnya juga memikirkan kematian. Toh, setiap orang pasti bakal menemui hal satu ini. Dan sebagai seorang muslim bahkan saya terus diingatkan tentang kematian, supaya tidak terlena dengan kehidupan di dunia dan mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah kematian.

Nah, sekarang, beberapa pertanyaan yang mungkin sudah bosan Anda dengar. Siapkah Anda untuk bertemu kematian? Percayakah Anda dengan kehidupan setelah kematian? Jika ya,  bekal apa yang sudah disiapkan?

 

(Ditulis di atas kertas buram di dalam bis yang melaju kencang dari Lebak Bulus menuju Leuwipanjang di malam hari. Disertai tatapan heran kakek penumpang di kursi sebelah)

Leave a Reply

